Thursday, June 9, 2011

Yoghurt, Yummy and Healthy Snack!


Siapa yang tidak kenal dengan yoghurt? Produk hasil fermentasi susu oleh bakteri ini memang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang mengkonsumsinya. Mulai dari segi kesehatan maupun kecantikan, yoghurt banyak dianjurkan untuk dikonsumsi baik pria maupun wanita. Selain karena manfaatnya yoghurt juga dapat menjadi alternatif bagi para penderita lactose intolerance (alergi laktosa). Karena pada proses fermentasi yoghurt, gula susu atau laktosa diubah oleh bakteri menjadi asam laktat yang dapat dicerna penderita alergi laktosa tersebut. Asam laktat tersebut jugalah yang berperan dalam protein yang terkandung dalam susu sehingga tekstur yoghurt menjadi lebih padat.

Jika dilihat dari sejarahnya, keberadaan yoghurt kemungkinan sudah ada sejak 4500 tahun yang lalu. Yoghurt paling pertama kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurtnya sendiri, walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.

           Dari segi kesehatan yoghurt dikenal akan nutrisi yang terkandung didalamnya, seperti protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan B12. Selain itu, yoghurt juga terkenal dengan kadar lemak yang relatif rendah sehingga tidak perlu khawatir akan gemuk jika anda senang mengkonsumsi yoghurt.
 
Manfaat yoghurt bagi kesehatan antara lain:

  1. Menyehatkan pencernaan
Meski rasanya asam, namun berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.

  1. Mengurangi resiko terjadi infeksi pada vagina
Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.

  1. Menurunkan resiko darah tinggi
Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah osteoporosis
Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.

  1. Membantu kita lebih kenyang
Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.

           Dengan semakin sadarnya masyarakat akan manfaat yang terkandung dalam yoghurt, kini banyak produk yang dibuat dari yoghurt dengan variasi rasa yang beragam dan menggugah selera. Sehingga tidak perlu repot-repot melakukan fermentasi sendiri untuk dapat mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt dalam bentuk siap santap seperti frozen yoghurt maupun yoghurt drink sudah tersedia banyak di pasaran. Atau bagi yang ingin berkreasi sendiri dengan membuat smoohie yoghurt dapat menggunakan plain yoghurt yang banyak dijual di pasaran untuk kemudian diblender dengan buah favorit anda. Mudah bukan untuk menjadi sehat namun tetap enak?


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Yoghurt
http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/58-yoghurt-untuk-kesehatan.html


-diannilam-

No comments:

Post a Comment